Forest Cerme, Tips Mengatasi Hujan

Tidak Panik Saat Musim Hujan Melanda ! Berikut adalah 9 Tips Merawat Rumah Saat Musim Hujan ala Mimin FC

Tidak hanya kesehatan yang perlu dijaga saat musim penghujan mulai tiba, karena selama menghadapi musim hujan, rumah memerlukan beberapa perawatan khusus saat menghadapinya terlebih selama musim hujan, penghuni rumah pastinya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah.

Memperhatikan rembesan air hujan, cipratan tanah dari luar, atau pun dari segi kelembapan yang ada ditembok kamar yang tentunya membuat rumah menjadi kurang nyaman.

Sebaiknya, tidak perlu panik saat musim hujan tiba dan segera atasi masalah yang ada di sekitar rumah saat hujan!

Forest Cerme, Tips Mengatasi Hujan
source : pexel.com

Tips Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Tentu saja, penghuni rumah selalu ingin merasa nyaman dan bersih saat musim hujan tiba, oleh karena itu mengikuti tips berikut ini merupakan beberapa masukan yang penting untuk menghadapinya, mari disimak

  1. Memeriksa kondisi dinding luar rumah agar tidak lembab maupun berjamur

Dinding rumah bagian luar biasanya rentan mengelupas dan berjamur saat musim hujan tiba, sehingga hal tersebut merupakan faktor utama air masuk dan meresap hingga ke dinding bagian dalam.  Rembesan air dari langit-langit yang mengalir melalui dinding juga bisa membuat teksturnya rapuh jika didiamkan begitu saja.

Solusinya terbaik saat ini adalah dengan cara melapisi dinding bagian luar dengancat pelapis antibocor sehingga air tidak dapat masuk kedinding bagian dalam.

source : pexel.com

2. Memeriksa atap dan langit langit rumah

Saat hujan mulai turun, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memeriksa atap dan langit-langit rumah. Jangan sampai langit langir rumah bocor sepanjang hari selama musim hujan. Untuk atap, wajib dipastikan bahwa tidak ada genting yang pecah ataupun posisinya bergeser.

Ada baiknya memberikan cat pelapis antibocor pada sambungan genting agar atap rumah aman dari air yang akan masuk.

3. Cek listrik dan peralatan elektronik

Hawa lembap selama musim hujan dapat menyebabkan kabel listrik mudah terkelupas dan rapuh. Oleh karena itu, wajib memastikan kabel listrik terbungkus rapat dan rapi. Jika menemukan terjadi kerusakan, lebih baik segera diperbaiki atau diganti dengan kabel yang baru untuk menghindari korsleting, kebakaran dan sengatan listrik.

4. Wajib melindungi segala bentuk furnitur yang berbahan kayu

Melindungi perabotan yang mudah rusak jika terkena air, khususnya yang terbuat dari kayu.  Menjauhkan furnitur tersebut dari tempat-tempat yang mudah terkena cipratan air, seperti dekat jendela atau pintu dan apabila terkena air harus segera dikeringkan supaya tidak lapuk dan rusak

source : pexel.com

5. Menjaga kebersihan sebelum masuk rumah

Pandemi covid -19 mengajarkan bahwa mencuci tangan, mencuci kaki sebelum masuk ruangan atau masuk ke dalam rumah merupakan hal baik yang harus dilakukan, setelah mencuci tangan mengeringkan tangan dan kaki sebelum masuk rumah agar kotoran yang menempel akibat air hujan dapat bersih seketika terutama jika saat perjalanan pulang terkena cipratan air hujan.

source : pexel.com

6. Gunakan alas kaki

Seringkali dilupakan, menyediakan alas kaki atau sandal ruangan agar lantai rumah tetap bersih merupakan salah satu cara menjaga agar lantai rumah tetap bersih. Memilih alas kaki dalam rumah yang mudah menyerap air dan mudah dibersihkan juga sangat penting. Perlu diingat, jangan menggunakan alas kaki yang digunakan dalam rumah tersebut untuk keluar rumah juga supaya mencegah kotoran terbawa masuk.

source : pexel.com

7. Memperhatikan penggunaan karpet dalam ruangan

Menggunakan karpet pada musim hujan memang terasa hangat dan nyaman namun perlu memperhatikan poin poin pentingnya sebelum memutuskan untuk pemasangnya karena dibalik kenyamanan tersebut apabila tidak mampu menjaga kebersihannya, bisa jadi kuman dan kotoran menjadi sumber penyakit.

Saat musim hujan, karpet akan menjadi lebih lembap dan mudah bau. Sebenarnya, solusi terbaiknya adalah tidak menggunakan karpet terlebih dulu agar lantai rumah juga lebih mudah dibersihkan.

Namun jika tetap memutuskan untuk menggelar karpet, perlu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan harus lebih rajin untuk dibawa ke laundry.

8. Menggunakan desinfektan saat membersihkan lantai rumah

Ruangan yang lembap merupakan tempat favorit kuman untuk berkembang biak. Untuk merawat rumah saat musim hujan, wajib sering membersihkan rumah menggunakan desinfektan. Desinfektan sendiri merupakan bahan kimia untuk membasmi kuman yang wajib dimiliki saat musim penghujan mulai tiba.

9. Memastikan ventilasi berfungsi dengan baik

Tips merawat rumah saat musim hujan ini terkadang sering diabaikan. Memastikan ventilasi rumah berfungsi dengan baik selama musim hujan merupakan hal penting karena ventilasi berguna agar udara segar lancar mengalir sehingga hawa rumah tidak lembap.

source : pexel.com

Sebagai penutup selain menjaga internal rumah tetap terjaga, lingkungan luar rumah juga merupakan hal penting yang perlu untuk diperhatikan seperti membersihkan genangan air agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak, memotong tanaman yang berukuran tinggi untuk mencegah sarang serangga dan memperhatikan saluran pembuangan air yang lancar agar rumah tetap sehat dan mampu melewati musim hujan dengan baik.