Tips Investasi dan Keuntungan dalam berinvestasi Rumah ala Mimin FC

Membeli rumah untuk investasi merupakan salah satu pilihan yang prospektif dan terbilang stabil, tapi tetap teliti dan cermat dalam melakukan investasi adalah sebuah keharusan yang perlu dipelajari sebelum melakukan investasi. 

source : pexel.com

Keuntungan berinvestasi

Sebelum membahas terlalu dalam mengenai tips investasinya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tiga keuntungan dalam berinvestasi rumah, yang pertama adalah

1. Di masa depan rumah akan menjadi aset langka (aset jangka panjang)

Semakin hari properti berbentuk rumah tapak akan semakin berkurang jumlah pembangunannya karena tanah merupakan kekayaan yang jumlahnya bersifat terbatas, memiliki tanah dan rumah untuk investasi merupakan pilihan yang aman.

Dimasa depan nanti ketika jumlah tanah terbatas, pembangunan properti hunian di perkotaan lebih difokuskan pada pembangunan apartemen untuk mengoptimalkan luas lahan.

Sehingga investasi rumah, menjadi jawaban dari pertanyaan mengapa harus investasi rumah. 

2. Aset yang tampak (terlihat wujudnya)

Sama halnya seperti produk real estate lainnya, rumah merupakan aset yang bersifat konret, memiliki wujud yang jelas, sehingga lebih aman dan relatif stabil.

3. Memiliki nilai kenaikan yang relatif stabil (stabil)

Berbeda dengan kepemilikan barang lainnya seperti mobil, motor maupun barang elektronik lainnya baik itu ponsel maupun TV, rumah investasi merupakan satu-satunya aset yang naik nilainya dengan seiring berjalannya waktu. 

source : pexel.com

Bahkan di saat pandemi covid-19 ataupun rumor bahwa property sedang lesu pun, nilai rumah masih terbilang tinggi karena permintaan akan rumah selalu ada.

Sehingga, pada intinya investasi rumah merupakan hal yang teramat penting dan sangat dianjurkan saat ini. Simak yuk tipsnya

Tips Investasi Rumah

1. Pilih yang berlokasi strategis (lokasi)

Lokasi merupakan point pertama dan yang paling penting saat memutuskan untuk berinvestasi rumah, karena membeli rumah untuk investasi, baik itu untuk dijual kembali atau untuk disewakan, haruslah mengutamakan pemilihan lokasi rumah yang baik. 

Ciri lokasi investasi rumah yang bagus adalah wilayah dengan angka populasi yang meningkat, serta sedang dikembangkan dari segi infrastruktur dan fasilitasnya.

Semisal di daerah Gresik, terutama di Cerme merupakan salah satu lokasi yang pertumbuhan populasinya terus meningkat, dan dari segi infrastruktur pembangunan fasilitas umum bahkan investor secara terus menerus masuk di daerah Gresik.

Salah satu yang paling hot saat ini adalah Smelter Freeport Gresik, dengan estimasi mampu menyerap lebih dari 40.000 karyawan baru, bukan tidak mungkin bahwa di tahun tahun selanjutnya gresik menjadi lokasi dengan perkembangan populasi paling signifikan di area jawa timur.

2. Mempertimbangkan Fasilitas Internal

Selain lokasi yang terus berkembang populasinya, memilih fasilitas internal perumahan juga tidak kalah penting dan perlu dipertimbangkan sebelum memilih hunian, fasilitas real estate  seperti fasilitas 

– Keamanan (security, cctv 24 jam)

– Row jalan yang luas (min 8 meter)

– Taman bermain (ruang terbuka hijau)

– Kolam renang

– Club house

– Dan masih banyak lagi

Biasanya memiliki nilai investasi yang tinggi, selain itu pertimbangkan juga pengembang yang bertanggung jawab dibalik berdirinya perumahan tersebut. Meski hal ini tidaklah mutlak, namun pengembang yang memiliki tanggungjawab dan berpengalaman tentu akan memberi keunggulan tersendiri pada rumah yang hendak dibeli.

3. Siapkan Keuangan

Membeli rumah untuk keperluan investasi merupakan pembelian besar yang memerlukan banyak biaya dan waktu yang panjang, Oleh karena itu, tentunya wajib sekali dalam mempersiapkan finansial yang matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi rumah. Perlu diingat bahwa tujuan investasi rumah ini adalah meningkatkan pemasukan ditahun yang akan datang dan seharusnya bukan merupakan suatu hal yang memberatkan.

Perhitungkan yang matang mengenai perencanaan investasi rumah dapat dimulai dari

a. menentukan uang muka atau DP yang harus dibayar diawal

b. dan berapa biaya cicilan yang harus dibayar secara berkala. 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, hal yang perlu diperhatikan diawal adalah melunasi cicilan dan pinjaman yang pernah dilakukan sebelumnya, agar finansial dapat terkontrol dengan aman

4. Menabung Uang Muka

Dalam proses berinvestasi rumah yang nantinya akan dicicil, semakin besar jumlah uang muka yang akan dibayar, maka cicilan per bulannya dapat semakin rendah. 

DP rumah umumnya berada direntang 10% hingga 20% dari total harga rumah. Mengumpulkan uang DP untuk rumah dapat menjadi hal yang cukup sulit. Jika dirasa kesulitan untuk menabung, beberapa investor biasanya menggunakan jasa pemotongan otomatis dari akun rekening bank (autodebet).

Dan jikalau ingin cepat mengumpulkan DP rumah, solusi lainnya adalah berinvestasi pada instrumen investasi lainnya untuk mendapatkan imbal, seperti saham, emas atau instrumen investasi lainnya sehingga uang lebih cepat terkumpul.

Rekomendasi Properti untuk Investasi Rumah

Setelah mengetahui tips dan keuntungannya, rasanya tak lengkap jika tidak membahas berbagai rekomendasi properti yang cocok untuk untuk memulai investasi rumah.

Forest Cerme

Salah satu rumah perumahan yang cocok untuk dijadikan instrumen investasi adalah perumahan Forest Cerme, beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

1. Lokasi yang strategis 

Merupakan daerah yang terus berkembang populasinya dari waktu ke waktu perumahan Forest Cerme yang berada dikecamatan Cerme Gresik ini, Hanya 1 menit menuju area komersil di Cerme dan 5 menit menuju exit tol cerme, sehingga membuat nilai investasinya dipastikan akan meningkat dari waktu ke waktu.

2. Kualitas bangunan yang terbukti mewah

Forest Cerme menggunakan batu bata merah, kelebihan batu bata merah adalah sifatnya yang alami dari tanah tanpa campuran apapun yang dibakar menggunakan suhu tinggi secara terus menerus sehingga berwarna merah alami membuat bangunan lebih kokoh dan terbukti dapat bertahan hingga bertahun tahun.

Perumahan kelas menengah atas bernilai lebih dari 2 milyar mayoritas masih menggunakan batu bata merah karena alasan kokoh dan memiliki nilai investasi yang terus naik setiap tahunnya

3. Fasilitas internal yang mewah

Fasilitas umum dalam kawasan yang terbukti paling mewah mulai dari lingkungan hijau yang asri yang tetap teduh meskipun ditengah panasnya kota Gresik, row jalan depan 15 meter, row jalan dalam kawasan dengan minimum 8.5 meter, sekuriti 24 jam, cctv 24 jam, smarthome (untuk tipe tertentu), instalasi listrik bawah tanah, kids playground, komersial area hingga clubhouse yang berisi kolam renang dan masih banyak lagi. Fasilitas internal yang terawat dan mewah merupakan salah satu faktor harga rumah yang akan terus naik setiap tahunnya.

Sejak diperkenalkan ke publik, Forest Cerme telah dihuni dan dipercaya oleh banyak keluarga maupun profesional. Sesuai namanya, Forest Cerme lahir dengan konsep “hutan kota” ditengah panas dan gersangnya Kota Gresik.

Untuk itu, Indaland selaku pengembang berkomitmen menghadirkan hunian dengan kawasan asri, teduh, serta humanis.

Terletak di Gresik Selatan, membuat lokasi Forest Cerme sangat strategis. Perumahan dengan luas 18Ha ini hanya 5 menit dari exit Tol Cerme. Dengan gaya compact dan modern minimalis, tiap rumah di Forest Cerme sangat cocok untuk keluarga kekinian zaman now.

Yuk miliki perumahan di Forest Cerme sekarang juga info : 0811-3228-7009